Rabu, 14 November 2012

Kepenyiaran

1.prospek profesi penyiar di era industri media massa radio dan televisi saat ini
Jawaban : Tergantung di stasiun radio mana dan radio seperti apa tempat dia bekerja. Kalau stasiun radionya besar, incomenya bagus, tentunya penghargaan terhadap karyawannya harus lebih bagus dibanding yang lain. Apapun itu perusahaannya. Masa sih perusahaan radio dengan income ratusan juta bahkan miliaran perbulan tidak mampu mensejahterakan penyiarnya? Sepertinya tidak mungkin.
2.   Profesi penyiar merupakan bagian yang tak terpisahkan dari profesi lain dalam sebuah program siaran yang merupakan salah satu kesatuan tim. profesi lain yang terkait dengan kepenyiaran beserta tugasnya masing-masing.
(1) Departemen news umumnya  terdiri dari Reporter, Peneliti, Orang-orang di meja, Koordinator, News Editor, Berita Produsen dan Jangkar.
  1. Researchers : This is the starting job in the editorial department.  Nowadays not many organizations have News Researchers as they expect the Reporter to do his own research.  The job involves researching a particular subject so that the Reporter has the background information available when he goes for the cover Peneliti: Ini adalah awal pekerjaan di departemen news. Saat ini tidak banyak organisasi Berita peneliti ketika mereka mengharapkan Reporter untuk melakukan penelitian sendiri. Tugas melibatkan meneliti topik tertentu sehingga Reporter memiliki latar belakang informasi yang tersedia saat ia pergi untuk liputan. Reporters : This is the most popular role in the ed
  2. Wartawan: Ini adalah peran yang paling populer di departemen news. The Reporter covers stories on location.  He does the interviews and is the on location director. Once back he scripts the story and gets it edited. Reporter cerita yang mencakup lokasi. Dia melakukan wawancara dan merupakan direktur lokasi. Setelah kembali, ia skrip cerita dan mendapatkannya diedit. Desk :  The people on the desk have a varied set of roles.  One is to keep themselves abreast about what is happening all over the world the other is to check scripts of Reporters for grammatical and factual errors.   Also they ensure that no important story is left out.
  3. Desk: Orang-orang di meja memiliki set peran bervariasi. Salah satunya adalah untuk menjaga diri mereka sendiri mengikuti tentang apa yang terjadi di seluruh dunia yang lain adalah untuk memeriksa skrip dari Wartawan untuk tata bahasa dan kesalahan faktual. Juga mereka memastikan bahwa tidak ada cerita penting yang ditinggalkan. News Coordinator : Another crucial area in a newsroom is that of the News Coordinator.  He not only keeps himself abreast of what is happening all over the country but is also in touch with all his correspondents and stringers on the field.   At any point of time he knows what his correspondents are doing.
  4. News Koordinator: daerah krusial lainnya di ruang berita adalah bahwa dari Koordinator Berita. Dia tidak hanya membuat dirinya mengikuti apa yang sedang terjadi di seluruh negeri, tetapi juga berhubungan dengan semua koresponden dan stringers di lapangan. Pada setiap titik dari kali dia tahu apa yang wartawan lakukan. Editors : There are mainly two kinds of Editors; Input and Output editors.  The input ones decide what news items or stories are to be followed whereas the output ones decide which stories are to be carried in the bulletin ( amongst the stories being covered).  In some organizations the desk consists of just input editors, output editors and producers.
  5. Redaksi: Ada dua jenis terutama Editor; Input dan Output editor. Input yang memutuskan apa yang item berita atau cerita yang harus diikuti sedangkan output yang memutuskan mana cerita harus dibawa dalam buletin (di antara kisah-kisah yang sedang dibahas) . Dalam beberapa meja organisasi hanya terdiri dari editor input, output editor dan produser. News Producers : These people help the output editor in executing his decisions.  Sometimes the output editor and producer is the same person.   The main role of the editorial producer is to command the bulletin's run-order.  The run-order is the order in which stories are to be carried in the bulletin.  It also gives information about the news story format and its readiness.  Today newsroom automation software are available which make the process easy.
  6. Berita Produser: Orang-orang ini membantu keluaran editor dalam melaksanakan keputusannya. Kadang-kadang output editor dan produser adalah orang yang sama. Peran utama editorial adalah perintah produser buletin lari-order. Orde yang dijalankan adalah urutan cerita yang harus dibawa dalam buletin tersebut. Hal ini juga memberi informasi mengenai berita format dan kesiapan. Hari ini perangkat lunak otomasi ruang berita yang tersedia yang membuat proses mudah. Anchors : Also called presenters or hosts.  These are people who come in front of the camera and introduce a news item.
  7. Jangkar (anchor): Juga disebut presenter atau host. Mereka adalah orang-orang yang datang di depan kamera dan memperkenalkan sebuah berita. Earlier these people were called News Readers but this nomenclature has changed with the roles of anchors changing over the years.  Nowadays all anchors are expected to be journalists and not just read news.  Hence they are also expected to interview and cross question guests in the studio. Sebelumnya orang-orang ini disebut Pembaca namun tata-nama ini telah berubah dengan perubahan peran jangkar selama bertahun-tahun. Sekarang ini semua jangkar diharapkan menjadi wartawan dan bukan hanya membaca berita. Karena itu mereka juga diharapkan untuk wawancara dan pertanyaan lintas tamu di studio .
Tim produksi televisi terbagi layaknya unsur dalam sebuah organisasi yang memiliki perbedaan fungsi dan variasi pekerjaan. berikut team yang tergabung dalam produksi dalam Station TV.
a)      Eksekutif Produser
Orang yang mengelola seluruh organisasi produksi (produser dan orang dibawahnya) serta hal administratif yang menyertainya , EP mengendalikan dan mengkoordinasikan aspek manajemen/bisnis produksi termasuk budget program/pendanaan bahkan juga terlibat dalam isu yang lebih menyeluruh dalam proses produksi seperti : konten kreatif, rundown, skrip.
b)      Produser
Bertanggung jawab untuk mengelola proses produksi secara spesifik, concerned dengan pengelolaan staff dan kru produksi, koordinasi antar departemen, production scheduling, rencana produksi, memilih dan atau menginisiasi konsep program bersama kreatif/writer. bekerjasama dengan director pada eksekusi dan tetap bertanggung jawab terhadap hasil akhir program secara menyeluruh sampai proses editing (jika diperlukan).
c)      Director
bertanggung jawab menterjemahkan semua aspek konten kreatif ke dalam bentuk audio dan visual sehingga bisa menjadi sebuah program yang dinikmati pemirsa.
Karena hal di atas, director bertanggung jawab memimpin tim lighting, audio, camera, dan floor director sehingga eksekusi program berjalan lancar.
d)     Production Assistant
Pihak yang mengorganisasikan semua aspek teknis dalam proses produksi, menyiapkan proses rehearsal, berkordinasi dengan pihak terkait
Tak jarang PA juga membantu director mempersiapkan call shot untuk membantu director, mempersiapkan materi VTR, time coding dll
e)      Creative/Writer
Pihak yang mengorganisasikan semua aspek kreatif/konten program dalam proses produksi,Bertanggung jawab untuk membuat skrip, rundown program, research materi yang terkait dengan program, memastikan director dan talent memahami konsep program sehingga eksekusi berjalan sesuai dengan konsep yang diinginkan
f)       Floor Director / Floor Manager
representasi seorang director di studio floor, pemberi cue, pengarah kru dan talent yang ada di floor.bertanggung jawab terhadap aktivitas di studio secara umum, keamanan & kenyamanan proses produksi.
g)      UPM / Unit Production Manager
bertanggung jawab kepada produser dalam hal persiapan dan pengelolaan budget produksi, serta hal hal administratif yang berhubungan dengan proses produksi
h)      Technical Director
pihak yang mengelola aspek engineering facilities, mengevaluasi kualitas teknis peralatan yang digunakan dalam proses produksi
i)        Switcher
orang yang mengoperasikan production switcher, dan efek-efek elektronik lainnya
j)        Set Designer
menciptakan desain panggung dan hal-hal yang terkait dengan setting, dressing, dan pembangunan panggung
k)      Graphic Designer
mendesain dan mempersiapkan semua grafis dan titles(cue cards, obb, template dll)
l)        Editor
bertanggung jawab melakukan penyuntingan gambar sesuai dengan kaidah dan konsep kreatif yang telah ditentukan
m)    Talent Coordinator
pihak yang melakukan koordinasi dengan pengisi acara, mulai dari mengubungi, mengkoordinasikan skedul, menegosiasi dan dealing budget.
n)      Art Director
pihak yang bertanggung jawab terhadap konsep dasar dari look on air yang diharapkan dari sebuah program.
3.      Persyaratan menjadi seorang penyiar yang good talent.
Penyiar salah satu komponen penting bahkan mungkin terpenting dalam Dunia Broadcasting adalah seorang profesional dalam bidangnya, dia harus memiliki keahlian atau ketermpilan khusus yakni keterampilan komunikasi massa dalam hal ini komunikasi melalui radio. Dan untuk itu ada beberapa Syarat Menjadi Seorang Penyiar Radio Profesional.
Kiat atau Syarat Menjadi Penyiar Profesional tersebut diantaranya :
1.      Memiliki suara standar
2.      Suka Ngomong’
3.      Memiliki Sense of Music, suka musik dan atau lagu.
4.      Berwawasan Luas, suka membaca, haus informasi dan ilmu.
5.      Humoris, Memilik Sense of Humor
6.      Suka bergaul, luwes, fleksibel, sociable
7.      Ramah, friendly
8.      Menguasai alat siaran (Radio Tools)
9.      Mengenali Visi-Misi, Format, Segmen, dan Program Radio
10.  Berjiwa entertainer, selalu berupaya menyenangkan pendengar. harus mampu berekspresi secara fleksibel terdepan mengikuti segala trend lifestyle & information
11.  Siap bekerja sama dengan tim karena penyiar tidak bekerja sendiri, tapi ditopang “tim kerja” seperti programmer, produser, penulis naskah, dll.



0 komentar:

Posting Komentar