Jawaban :
Tergantung di stasiun radio mana dan radio seperti apa tempat dia bekerja.
Kalau stasiun radionya besar, incomenya bagus, tentunya penghargaan terhadap
karyawannya harus lebih bagus dibanding yang lain. Apapun itu perusahaannya.
Masa sih perusahaan radio dengan income ratusan juta bahkan miliaran perbulan
tidak mampu mensejahterakan penyiarnya? Sepertinya tidak mungkin.
2. Profesi
penyiar merupakan bagian yang tak terpisahkan dari profesi lain dalam sebuah
program siaran yang merupakan salah satu kesatuan tim. profesi lain
yang terkait dengan kepenyiaran beserta tugasnya masing-masing.
(1) Departemen
news umumnya terdiri dari Reporter, Peneliti, Orang-orang
di meja, Koordinator, News Editor, Berita Produsen dan Jangkar.
- Peneliti: Ini adalah awal pekerjaan di departemen news. Saat ini tidak banyak organisasi Berita peneliti ketika mereka mengharapkan Reporter untuk melakukan penelitian sendiri. Tugas melibatkan meneliti topik tertentu sehingga Reporter memiliki latar belakang informasi yang tersedia saat ia pergi untuk liputan.
- Wartawan: Ini adalah peran yang paling populer di departemen news. Reporter cerita yang mencakup lokasi. Dia melakukan wawancara dan merupakan direktur lokasi. Setelah kembali, ia skrip cerita dan mendapatkannya diedit.
- Desk: Orang-orang di meja memiliki set peran bervariasi. Salah satunya adalah untuk menjaga diri mereka sendiri mengikuti tentang apa yang terjadi di seluruh dunia yang lain adalah untuk memeriksa skrip dari Wartawan untuk tata bahasa dan kesalahan faktual. Juga mereka memastikan bahwa tidak ada cerita penting yang ditinggalkan.
- News Koordinator: daerah krusial lainnya di ruang berita adalah bahwa dari Koordinator Berita. Dia tidak hanya membuat dirinya mengikuti apa yang sedang terjadi di seluruh negeri, tetapi juga berhubungan dengan semua koresponden dan stringers di lapangan. Pada setiap titik dari kali dia tahu apa yang wartawan lakukan.
- Redaksi: Ada dua jenis terutama Editor; Input dan Output editor. Input yang memutuskan apa yang item berita atau cerita yang harus diikuti sedangkan output yang memutuskan mana cerita harus dibawa dalam buletin (di antara kisah-kisah yang sedang dibahas) . Dalam beberapa meja organisasi hanya terdiri dari editor input, output editor dan produser.
- Berita Produser: Orang-orang ini membantu keluaran editor dalam melaksanakan keputusannya. Kadang-kadang output editor dan produser adalah orang yang sama. Peran utama editorial adalah perintah produser buletin lari-order. Orde yang dijalankan adalah urutan cerita yang harus dibawa dalam buletin tersebut. Hal ini juga memberi informasi mengenai berita format dan kesiapan. Hari ini perangkat lunak otomasi ruang berita yang tersedia yang membuat proses mudah.
- Jangkar (anchor): Juga disebut presenter atau host. Mereka adalah orang-orang yang datang di depan kamera dan memperkenalkan sebuah berita. Sebelumnya orang-orang ini disebut Pembaca namun tata-nama ini telah berubah dengan perubahan peran jangkar selama bertahun-tahun. Sekarang ini semua jangkar diharapkan menjadi wartawan dan bukan hanya membaca berita. Karena itu mereka juga diharapkan untuk wawancara dan pertanyaan lintas tamu di studio .
(2). Production Team
Tim produksi
televisi terbagi layaknya unsur dalam sebuah organisasi yang memiliki perbedaan
fungsi dan variasi pekerjaan. berikut team yang tergabung dalam produksi dalam
Station TV.
a)
Eksekutif
Produser
Orang yang mengelola seluruh organisasi produksi
(produser dan orang dibawahnya) serta hal administratif yang menyertainya , EP
mengendalikan dan mengkoordinasikan aspek manajemen/bisnis produksi termasuk
budget program/pendanaan bahkan juga terlibat dalam isu yang lebih menyeluruh
dalam proses produksi seperti : konten kreatif, rundown, skrip.
b)
Produser
Bertanggung jawab untuk mengelola proses produksi secara spesifik, concerned dengan pengelolaan staff dan kru produksi, koordinasi antar departemen, production scheduling, rencana produksi, memilih dan atau menginisiasi konsep program bersama kreatif/writer. bekerjasama dengan director pada eksekusi dan tetap bertanggung jawab terhadap hasil akhir program secara menyeluruh sampai proses editing (jika diperlukan).
Bertanggung jawab untuk mengelola proses produksi secara spesifik, concerned dengan pengelolaan staff dan kru produksi, koordinasi antar departemen, production scheduling, rencana produksi, memilih dan atau menginisiasi konsep program bersama kreatif/writer. bekerjasama dengan director pada eksekusi dan tetap bertanggung jawab terhadap hasil akhir program secara menyeluruh sampai proses editing (jika diperlukan).
c)
Director
bertanggung jawab menterjemahkan semua aspek konten kreatif ke dalam bentuk audio dan visual sehingga bisa menjadi sebuah program yang dinikmati pemirsa.
Karena hal di atas, director bertanggung jawab memimpin tim lighting, audio, camera, dan floor director sehingga eksekusi program berjalan lancar.
bertanggung jawab menterjemahkan semua aspek konten kreatif ke dalam bentuk audio dan visual sehingga bisa menjadi sebuah program yang dinikmati pemirsa.
Karena hal di atas, director bertanggung jawab memimpin tim lighting, audio, camera, dan floor director sehingga eksekusi program berjalan lancar.
d)
Production
Assistant
Pihak yang mengorganisasikan semua aspek teknis dalam
proses produksi, menyiapkan proses rehearsal, berkordinasi dengan pihak terkait
Tak jarang PA juga membantu director mempersiapkan call shot untuk membantu director, mempersiapkan materi VTR, time coding dll
Tak jarang PA juga membantu director mempersiapkan call shot untuk membantu director, mempersiapkan materi VTR, time coding dll
e)
Creative/Writer
Pihak yang mengorganisasikan semua aspek kreatif/konten program dalam proses produksi,Bertanggung jawab untuk membuat skrip, rundown program, research materi yang terkait dengan program, memastikan director dan talent memahami konsep program sehingga eksekusi berjalan sesuai dengan konsep yang diinginkan
Pihak yang mengorganisasikan semua aspek kreatif/konten program dalam proses produksi,Bertanggung jawab untuk membuat skrip, rundown program, research materi yang terkait dengan program, memastikan director dan talent memahami konsep program sehingga eksekusi berjalan sesuai dengan konsep yang diinginkan
f)
Floor
Director / Floor Manager
representasi seorang director di studio floor, pemberi
cue, pengarah kru dan talent yang ada di floor.bertanggung jawab terhadap
aktivitas di studio secara umum, keamanan & kenyamanan proses produksi.
g)
UPM
/ Unit Production Manager
bertanggung jawab kepada produser dalam hal persiapan dan
pengelolaan budget produksi, serta hal hal administratif yang berhubungan
dengan proses produksi
h)
Technical
Director
pihak yang mengelola aspek engineering facilities,
mengevaluasi kualitas teknis peralatan yang digunakan dalam proses produksi
i)
Switcher
orang yang mengoperasikan production switcher, dan efek-efek elektronik lainnya
orang yang mengoperasikan production switcher, dan efek-efek elektronik lainnya
j)
Set
Designer
menciptakan desain panggung dan hal-hal yang terkait
dengan setting, dressing, dan pembangunan panggung
k)
Graphic
Designer
mendesain dan mempersiapkan semua grafis dan titles(cue
cards, obb, template dll)
l)
Editor
bertanggung jawab melakukan penyuntingan gambar sesuai dengan kaidah dan konsep kreatif yang telah ditentukan
bertanggung jawab melakukan penyuntingan gambar sesuai dengan kaidah dan konsep kreatif yang telah ditentukan
m)
Talent
Coordinator
pihak yang melakukan koordinasi dengan pengisi acara,
mulai dari mengubungi, mengkoordinasikan skedul, menegosiasi dan dealing
budget.
n)
Art
Director
pihak yang bertanggung jawab terhadap konsep dasar dari
look on air yang diharapkan dari sebuah program.
3. Persyaratan menjadi seorang penyiar yang good talent.
Penyiar salah satu komponen penting
bahkan mungkin terpenting dalam Dunia
Broadcasting adalah seorang profesional dalam bidangnya, dia harus
memiliki keahlian atau ketermpilan khusus yakni keterampilan komunikasi massa
dalam hal ini komunikasi melalui radio. Dan untuk itu ada beberapa Syarat Menjadi Seorang Penyiar Radio
Profesional.
Kiat atau Syarat Menjadi Penyiar Profesional tersebut
diantaranya :
1. Memiliki suara standar
2. Suka Ngomong’
3. Memiliki Sense of Music, suka musik
dan atau lagu.
4. Berwawasan Luas, suka membaca, haus
informasi dan ilmu.
5. Humoris, Memilik Sense of Humor
6. Suka bergaul, luwes, fleksibel,
sociable
7. Ramah, friendly
8. Menguasai alat siaran (Radio Tools)
9. Mengenali Visi-Misi, Format, Segmen,
dan Program Radio
10. Berjiwa entertainer, selalu berupaya
menyenangkan pendengar. harus mampu berekspresi secara fleksibel terdepan
mengikuti segala trend lifestyle & information
11. Siap bekerja sama dengan tim karena
penyiar tidak bekerja sendiri, tapi ditopang “tim kerja” seperti programmer,
produser, penulis naskah, dll.
0 komentar:
Posting Komentar